BLOG KEPALA SEKOLAH IRFAN ILMI - DIBUAT OLEH: DUDI RIDWAN (DURIDWANGURUNATAFKAR)

menunavngampar

Kamis, 28 Januari 2021

PKKS - Rencana Tindak Lanjut Hasil Evaluasi

Rencana Tindak Lanjut Hasil Evaluasi

Daftar Isi dan yang lainnya.

Coba perhatikan, telaah dan praktekkan:

☰ buka
×
=======

STANDAR ISI

TINGKATAN EDS

MASALAH MENDESAK

RENCANA TINDAKAN

HASIL YANG DICAPAI

2

 

 

 

 

Ø Kurikulum Sekolah  kami berusaha mengikuti Standar Isi, standar kompetensi, dan panduan KTSP.

 

Ø Struktur kurikulum sekolah kami tidak mengalokasikan waktu yang cukup bagi  peserta didik  agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya. Program remedial dan pengayaan belum pernah dilaksanakan.

 

Ø Sebagian besar (sekitar 70%) peserta didik kami tidak termotivasi untuk belajar dan tidak tertarik pada pelajaran yang diajarkan

 

Ø Sekolah kami menawarkan beberapa mata pelajaran tambahan tetapi kami masih harus mempertimbangkan karakter daerah dan kebutuhan masyarakat dalam perencanaan kami

v  Menyusun Dokumen Kurikulum yang sesuai dengan panduan dari BSNP

 

v  Menyusun jadwal program remidiasi dan pengayaan

 

 

 

 

 

v  Meningkatkan motivasi belajar siswa.

 

 

v  Meninjau ulang mata pelajaran Muatan Lokal

 

 

¨      Sekolah memiliki Dokumen Kurikulum yang sesuai dengan panduan dari BSNP

 

 

¨      Tersusunnya jadwal program remidiasi dan pengayaan

 

 

 

 

 

¨      Motivasi belajar siswa meningkat

 

 

 

¨      Tersedianya mata pelajaran muatan local yang sesuai dengan kebutuhan siswa

 

STANDAR PROSES

 

TINGKATAN EDS

MASALAH MENDESAK

RENCANA TINDAKAN

HASIL YANG DICAPAI

2

 

 

 

 

Ø  Silabus sekolah kami  berusaha mengikuti SI, SKL dan panduan KTSP. Kami belum sepenuhnya mempertimbangkan kesesuaian antara mata pelajaran dan komponennya dalam penyusunan silabus.

Ø  Sekolah kami tidak mempertimbangkan usia dan minat peserta didik saat membuat program pembelajaran

 

Ø  Guru-guru di sekolah kami hanya membuat rencana pembelajaran untuk mata pelajaran tertentu saja

Ø  Guru-guru di sekolah kami  merencanakan pembelajaran  berdasarkan pada isi buku pelajaran saja

Ø  Kepala sekolah kami tidak mengkaji ulang rencana pembelajaran yang dibuat oleh para guru atau memberikan saran dan dukungan

Ø  Guru-guru di sekolah kami  tidak mengkaji ulang RPP setelah mengajar.

v  Workshop menyusun silabus semua mata pelajaran sesuai dengan SI, SKL dan panduan KTSP

 

 

v  Workshop menyusun program pembelajaran yang mempertimbangkan usia dan minat peserta didik.

v  Melakukan monitoring penyusunan rencana pembelajaran setiap minggu

 

v  Workshop penyusunan RPP

 

 

v  Supervisi pembelajaran

 

 

v  Menyusun program tindak lanjut supervisi.

¨      Tersusunnya syllabus semua mata pelajaran sesuai dengan SI, SKL, dan panduan KTSP.

 

 

 

¨      Tersusunnya program pembelajaran yang mempertimbangkan usia dan minat peserta didik

 

¨      Tersusunnya RPP semua mata pelajaran secara lengkap

 

¨      Tersusunnya RPP dengan metode pembelajaran CTL

 

¨      Selalu dilakukan pengkajian ulang penyusunan RPP

 

¨      Semua guru mengkaji ulang RPP setelah mengajar.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

 

TINGKATAN EDS

MASALAH MENDESAK

RENCANA TINDAKAN

HASIL YANG DICAPAI

2

 

 

 

 

Ø Hasil belajar peserta didik  masih rendah disebabkan oleh pemakaian  program belajar yang kurang beragam.

 

Ø Peserta didik kurang memiliki motivasi belajar, rasa percaya diri serta semangat belajar

 

v  Pelatihan penggunaan program belajar yang beragam

 

 

v  Penggunaan berbagai metode pembelajaran yang membangkitkan motivasi belajar siswa.

 

 

¨      Guru menggunakan program belajar yang beragam

 

 

¨      Guru menggunakan berbagai metode pembelajaran yang membangkitkan motivasi belajar siswa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

 

TINGKATAN EDS

MASALAH MENDESAK

RENCANA TINDAKAN

HASIL YANG DICAPAI

2

 

 

 

 

Ø Tingkat keahlian mengajar pendidik memungkinkan tercakupnya sebagian besar tuntutan kurikulum, tetapi masih ada kesenjangan dibidang keahlian tertentu

 

Ø Beberapa pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah kami tidak memiliki kualifikasi minimum yang dipersyaratkan

 

Ø Setiap guru tetap kami telah bekerja sesuai dengan ketentuan standar pelayanan minimal (SPM)

 

Ø  Sekolah kami menyelenggarakan proses pembelajaran selama 34 minggu pertahun dengan kegiatan tatap muka sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM)

 

v  Pengiriman guru dalam kegiatan MGMP.

 

 

 

v  Memberi kesmpatan kepada guru untuk melanjutkan studi

 

 

¨      Guru meningkat kompetensinya

 

 

 

 

¨      100% memiliki kualifikasi yang dipersyaratkan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

STANDAR SARANA DAN PRASARANA

 

TINGKATAN EDS

MASALAH MENDESAK

RENCANA TINDAKAN

HASIL YANG DICAPAI

2

 

 

 

 

Ø Bangunan sekolah kami tidak memenuhi standar dari segi ukuran atau jumlah ruangan

 

Ø Sekolah masih kekurangan 1 ruang kelas

 

 

Ø Sekolah kami belum memiliki semua  sarana dan alat-alat yang dibutuhkan untuk memenuhi ketetapan dalam standar

v  Mencari bantuan pembangunan ruang pendukung belajar

 

v  Mencari bantuan pembangunan ruang belajar

 

v  Melakukan pembelian sarana dan prasarana belajar.

 

 

¨      Sekolah memiliki ruang pendukung yang memenuhi standar

 

¨      Sekolah memiliki ruang kelas yang standar

 

 

¨      Sekolah memiliki sarana dan prasarana belajar yang lengkap

 

 


STANDAR PENGELOLAAN

 

TINGKATAN EDS

MASALAH MENDESAK

RENCANA TINDAKAN

HASIL YANG DICAPAI

2

 

 

 

 

Ø Rencana kerja sekolah kami tidak terarah pada peningkatan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

 

Ø Rencana pengembangan sekolah kami tidak didukung dengan informasi yang didapat dari hasil evaluasi diri sekolah.

 

Ø Sejumlah staf di sekolah kami tidak terbuka terhadap perubahan, dan evaluasi diri belum menjadi tata kerja di sekolah kami.

 

v  Workshop menyusun RKS

 

 

¨      Tersusunnya RKS yang sesuai petunjuk BSNP

 

 

 


STANDAR PENILAIAN PENDIDIK

 

TINGKATAN EDS

MASALAH MENDESAK

RENCANA TINDAKAN

HASIL YANG DICAPAI

2

 

 

 

 

Ø Setiap guru di sekolah kami mengembangkan dan menerapkan program penilaian untuk membantu meningkatkan kemampuan belajar peserta didik.

 

Ø Guru-guru di sekolah kami melaksanakan penilaian terhadap peserta didik secara periodik, tapi sebagian besar hanya menggunakan tes dan ujian

 

Ø Guru-guru di sekolah kami tidak membicarakan hasil penilaian dengan peserta didik

v  Menyusun Program Penilaian Proses, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan akhir semester

 

v  Menyusun jadwal program penilaian  

 

 

 

 

 

¨      Dikembangkan dan diterapkannya program penilaian yang sesuai standar

 

 

 

¨      Tersusunnya jadwal program penilaian

 

 

 

 

 

 


STANDAR PEMBIAYAAN

 

TINGKATAN EDS

MASALAH MENDESAK

RENCANA TINDAKAN

HASIL YANG DICAPAI

2

 

 

 

 

Ø Perumusan rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS) merujuk pada peraturan pemerintah.

Ø Sekolah membuat laporan  pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan kepada pemerintah dan pemangku kepentingan, tetapi masih perlu dilakukan secara rutin dan proses yang transparan.

 

v  Menyusun RKAS merujuk pada peraturan pemerintah

 

v  Pembuatan laporan pertanggung jawaban keuangan kepada pemerintah secara rutin dan transparan

 

 

 

¨      Tersusunnya RKAS merujuk pada peraturan pemerintah

¨      Tersusunnya laporan pertanggungjawaban keuangan kepada pemerintah secara rutin dan transparan

 

 

 

 

 

Cianjur,      Juli 2020

Kepala SMA plus Tauhidul afkar

 

 

 

IRFAN ILMI, S. Pd.I,Lc.

NIP.-

 

 =======

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Judul